BEBERAPA MASALAH YANG SELALU DIHADAPI REMAJA

Daftar Isi

Kenakalan Remaja


Beberapa macam masalah yang selalu dihadapi anak remaja adalah :
  1. Masalah berhubungan dengan keadaan jasmaninya
Dalam masa remaja, anak mulai memikirkan mengenai tampangnya dan bentuk badan yang diidam-idamkannya.
  1. Masalah berhubungan dengan kebebasan
Anak remaja menginginkan kebebasan emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya. Mereka ingin sekali diakui sebagai seorang pribadi, dia ingin bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Sebaiknya anak remaja tidak terlalu dikekang dan ditiadakan kebebasannya. Oleh karena hanya dengan belajar dari pengalaman dan kesalahannya, seorang anak remaja dapat mencapai kematangan. Jadi orang tua harus memberikan kesempatan kepada anak remaja untuk mengambil keputusan sendiri.

  1. Masalah berhubungan dengan nilai-nilai
Anak remaja mulai memikirkan tentang hal-hal yang benar dan tidak benar. Dia mulai menyangsikan konsep-konsep mengenai yang benar dan yang salah yang dikemukakan oleh orang tuanya. Dia tidak mau begitu saja menerima pendapat dari orang tua atau orang dewasa yang dia lihat sebagai manusia  yang dapat berbuat salah.
  1. Masalah berhubungan dengan peranan wanita dan pria
Anak remaja ingin menjalankan peranannya sebagai anak wanita dan pria dengan baik, dan anak remaja selalu ingin membicarakan hal-hal tersebut dengan orang dewasa yang mereka hargai dan percaya.
  1. Masalah berhubungan dengan hubungan anggota dari lawan jenis
Sebenarnya anak-anak remaja senang membicarakan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan hubungan mereka dengan lawan jenis. Mereka senang sekali jika ada orang dewasa yang mau membicarakan tentang hal tersebut.
  1. Masalah berhubungan dengan hubungan dalam  masyarakat
Anak remaja menyadari pentingnya arti hubungan yang baik dalam   masyarakat. Suatu kebutuhan  yang besar sekali pada anak adalah dukungan dan persetujuan dari teman-teman sebaya. Dalam usahanya membebaskan diri dari ketergantungan pada orang tua, anak merasa dibantu oleh kelompok teman sebayanya.
  1. Masalah berhubungan dengan jabatan
Anak remaja sebenarnya ingin membicarakan tentang  cita-citanya dan tujuannya serta rencana-rencananya. Anak remaja membutuhkan kesempatan untuk membuat keputusan mengenai masa depannya sendiri disertai dengan bimbingan orang dewasa.
  1. Masalah berhubungan dengan kemampuan
Anak remaja ingin berhasil dalam mengerjakan sesuatu. Untuk dapat mendapatkan gambaran dari dirinya sendiri yang memuaskan, anak remaja harus mempunyai rasa mampu mengerjakan sesuatu. Jikalau ada orang yang mempercayai, anak remaja menerimanya, menghargainya, mengertinya, maka dia akan mempunyai keyakinan bahwa dia dapat dipercayai, patut diterima, patut dihargai, patut disenangi.
Persoalan-persoalan akan tidak sedemikian berat dirasakan oleh anak-anak remaja bilamana dia dapat membicarakannya dengan orang tua atau gurunya, tetapi banyak anak remaja tidak mau membicarakan persoalannya dengan orang dewasa. Mereka khawatir orang dewasa tidak akan mengerti persoalan mereka atau dengan membicarakan persoalan mereka dengan orang dewasa menunjukkan bahwa dia tidak mampu menghadapi persoalannya sendiri. Oleh karena itu, anak remaja selalu memikirkan dirinya sendiri dan persoalan-persoalannya.

Posting Komentar