BAHAYA PENGGUNAAN LENSA KONTAK

Daftar Isi


BAHAYA LENSA KONTAK
MEMAKAI lensa kontak memang memperindah mata Anda. Dengan warna yang beragam, Anda dengan mudah mengganti warna bola mata sesuai dengan tren. Namun, tahukah Anda akan bahaya penggunaan  lensa kontak?
Berikut bahaya penggunaan lensa kontak yang harus anda ketahui. Bukan bermaksud nakut-nakutin, hanya sekedar share agar bisa lebih berhati-hati aja.
1. Mata merah seperti terbakar
Ini merupakan gejala awal yang dari berbagai infeksi mata serius. Apabila lensa kontak digunakan lebih 8 jam, maka mata akan kekurangan oksigen dan akibatnya mata tidak akan bernafas. Perlahan-lahan mata terasa gatal dan dapat berub ah menjadi merah.
2. Alergi Lensa Kontak
Ketika mata kekurangan 0ksigen atau infeksi maka mata akan mengeluarkan resistensi terhadap lensa kontak
3. Meninggalkan bekas pada kornea
Meninggalkan bekas pada kornea merupakan masalah yang sangat serius. Apabila seseorang mengalami hal tersebut dan membiarkannya, maka akan mengakibatkan kaburnya penglihatan pada mata
4. Perubahan bentuk mata
Lensa kontak ini mengikuti bentuk mata. Lensa kontak itu sendiri sering kehilangan bentuk setelah beberapa kali pemakaian. Hal itu mengakibatkan kerusakan pada mata.
Selain itu, efek lain dari penggunaan lensa kontak adalah konjungtivitis atau peradangan pada selaput lendir. Hal ini memicu turunnya penglihatan dan membuat mata lebih sensitif terhadap cahaya. Bila infeksi sudah menyebabkan kebutaan, maka tidak ada obat atau operasi yang bisa dilakukan kecuali kratoplasti atau pencangkokan kornea. Dan untuk melakukan kratoplasti itu tidaklah mudah, karena untuk pendonor kornea juga harus membutuhkan waktu yang lama



Posting Komentar