ARTI PENTING KEMASAN BAGI PRODUSEN DAN KONSUMEN
Daftar Isi
Mengapa
kemasan memiliki arti penting bagi
produsen dan konsumen? Berikut penjelasannya.
Arti Penting Kemasan Bagi Produsen
Menurut
E. P.Danger dalam bukunya Memilih Warna Kemasan, kemasan memiliki sejumlah
fungsi vital,antara lain :
a. Melindungi
produk dan menjaganya tetap dalam kondisi yang baik.
Fungsi
ini telah berkembang selama bertahun-tahun. Pada mulanya sebuah kemasan adalah
sebuah wadah yang sederhana dan mudah dipegang. Karena waktu berjalan terus,
sistem distribusi pun menjadi lebih kompleks dan para konsumen mendesak adanya
standar keseluruhan yang lebih tinggi, semakin penting bagi produk untuk
mencapai pembeli dalam kondisi yang baik dan menjadi vital bila karton bungkus
luar digunakan untuk memudahkan penanganan dan mulai berperan dalam pajangan
produk.
b. Mudah di
distribusikan secara ekonomis.
Fungsi kedua
menjadi penting bila jalur distribusi semakin panjang dan biaya distribusi
menjadi beban yang lebih berat, ditambah lagi metode perdagangan berubah secara
radikal dan pengemasan harus sesuai dengan kondisi swalayan dan kerumitan
distribusi melalui bermacam-macam outlet.
c. Efektif
biayanya.
Biaya yang
terkait dalam pengemasan termasuk pergudangan, efisiensi operasi, biaya modal
dari mesin pengemasan, biaya bagian dalam dan luar, biaya pengepakan sampai ke
atas palet, biaya angkut dan banyak lagi faktor lainnya. Pengemasan apapun
harus ekonomis dengan melalui peningkatan laju produksi dan pengurangan
pemborosan, atau dengan menyediakan
distribusi yang lebih mudah dan lebih murah sehingga dapat menurunkan biaya
penanganan dan penyimpangan, atau
membuat produk tersebut lebih mudah dijual. Untuk itu kurangi biaya-biaya unit,
idealnya kemasan seharusnya menunjang semua itu.
d. Menjual produk
tersebut.
Pengemasan
menghubungkan antara dukungan promosional yang diberikan oleh manufaktur, ruang
rak yang ditata oleh pengecer dan kebutuhan serta keinginan dari pembeli akhir.
Karena alasan inilah pengemasan harus dipertimbangkan pada setiap tingkat
proses pemgemasan dan konsep pengemasan telah menjadi bagian pemasaran yang
vital.
Arti
Penting Kemasan Bagi Konsumen
Menurut
Buchari Alma dalam bukunya Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa arti penting
kemasan bagi konsumen adalah sebagai berikut :
1. Dengan adanya
pembungkus barang-barang tetap bersih
dan praktis untuk dibawa kerumah, tahan lama, dan mudah disimpan.
2. Dengan adanya
pembungkus berarti timbangan di dalamnya benar.
3. Pembungkus
menunjukkan kualitas barang dan kadang-kadang menerangkan isi yang dibungkus.
4. Dengan adanya
pembungkus pembeli dapat membeli jumlah yang cukup (diperlukan )
5. Sering
pembungkus yang isinya telah habis terpakai masih dapat digunakan untuk tempat
menyimpan barang lain.
6. Pembungkus
yang memberi informasi akan memberi dorongan pada pembeli untuk membaca dulu
dan sambil berfikir akan membelinya.
7. Pembungkus
dapat menimbulkan harga diri bagi yang membawanya.
Posting Komentar