Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOMPETENSI PENELITI KUANTITATIF






Kali ini kita akan membahasa Kompetensi Peneliti Kuantitatif dalam Bidang Pendidikan, yaitu

a. Memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang yang akan diteliti, 

b Mampu melakukan analisis masalah secara akurat, sehingga dapat ditemukan masalah penelitian pendidikan yang betul-betul masalah,

c Mampu menggunakan teori pendidikan yang tepat sehingga dapat digunakan untuk memperjelas masalah yang diteliti, dan merumuskan hipotesis penelitian, d Memahami berbagai jenis metode penelitian kuantitatif, seperti metode survey, ekperimen, action research, expost facto, evaluasi dan R & D

e. Memahami teknik-teknik sampling, seperti probability sampling dan nonprobality sampling, dan mampu menghitung dan memilih jumlah sampel yang representatif dengan sampling error tertentu, 

f. Mampu menyusun instrumen baik test maupun nontest untuk mengukur berbagai variabel yang diteliti, mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen, 

g. Mampu mengumpulkan data dengan kuesioner, maupun dengan wawancara observasi, dan dokumentasi

h. Bila pengumpulan data dilakukan oleh tim, maka harus mampu mengorganisasikan tim peneliti dengan baik, i Mampu menyajikan data, menganalisis data secara kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis penelitian yang telah dirumuskan,

j. Mampu memberikan interprestasi terhadap data hasil penelitian maupun hasil pengujian hipotesis,

k. Mampu membuat laporan secara sistematis, dan menyampaikan hasil penelitian ke fihak-fihak yang terkait, 1 Mampu membuat abstraksi hasil penelitian, dan membuat artikel untuk dimuat ke dalam jurnal ilmiah. 

m. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian kepada masyarakat luas.

Posting Komentar untuk "KOMPETENSI PENELITI KUANTITATIF"