Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERKEMBANGAN MUSIK ROCK PADA TAHUN 1990-AN HINGGA MASA SEKARANG



Perkembangan music rock pada tahun 1990-an hingga masa sekarang terus semakin meningkat. Sejak periode 1980-an, musik rock lebih mengambil bentuk elektronik dan visual, tetapi selama tahun 1990-an para musisi mencoba kembali menggali akarnya. Musik rap dan heavy metal masih menjadi arus utama dalam musik di tahun 1990-an. Banyak gaya rap yang populer termasuk gangsta/gangster rap dan aliran rap lain yang dipengaruhi oleh jazz, folk dan reggae.
Aliran musik rock yang paling baru dan populer pada tahun 1990-an adalah grunge dan alternative rock, yang pertama kali dipopulerkan oleh grup musik REM di akhir 80-an. Alternative rock mengkombinasikan gitar heavy metal dengan pengaruh musik folk dan punk. Grunge pertama kali terkenal oleh band asal Seattle, Amerika yang bernama Nirvana dan Pearl Jam. Grunge adalah kombinasi dari musik punk dan metal yang mengandung tema emosional dan menggambarkan perasaan frustasi. Tetapi menjelang era milennium, aliran grunge tampak mengalami sedikit kemacetan dengan bubarnya grup musik Nirvana. Aliran musik dansa bernama Techno juga tumbuh dan merupakan campuran antara musik komputer dan teknologi digital. Juga ada aliran Acid Jazz, gabungan dari musik rock, soul, R&B dan jazz.

Pada tahun 90-an ini juga muncul suatu aliran baru dari musik rock yaitu hip rock, mengkombinasikan gaya bernyanyi rap dengan musik heavy metal dan punk rock. Beberapa grup musik terkenal diantaranya adalah Limp Bizkit, Linkin Park, Korn, Papa Roach dan Rage Against The Machine.

Posting Komentar untuk "PERKEMBANGAN MUSIK ROCK PADA TAHUN 1990-AN HINGGA MASA SEKARANG"