Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERKEMBANGAN MUSIK ROCK PADA TAHUN 1980-AN



Perkembangan music rock pada tahun 1980-an semakin melejit. Pada akhir 1970-an, telah diperkirakan bahwa perkembangan musik rock akan memasuki tahap yang lebih mengejutkan lagi, tetapi belum diketahui bentuk perkembangan tersebut. Ternyata perkembangan ini terwujud dalam bentuk video musik. Video musik adalah semacam film pendek yang di dalamnya terdapat hal seperti akting, tari, gambar visual dan konser musik. Video menjadi sarana bagi artis untuk mempromosikan lagunya dan banyak video musik dari sebuah lagu yang men capai kepopuleran.
Video  musik telah mengawali lahirnya Music Television Network atau MTV pada tahun 1981 yang menyiarkan video musik selama 24 jam sehari, 7 kali seminggu. Video musik juga dipertunjukkan di televisi komersial dan klub - klub dansa. Kemunculan video musik telah membawa dampak popularitas yang sangat luas bagi para artis. Kelahiran Digital Compact Disc atau CD, yaitu alat perekam digital yang berbentuk piringan cakram pada tahun 1983 juga makin mengukuhkan kemajuan industri musik.

Aliran musik baru yang dikembangkan dari musik rock adalah Rap, yaitu musik dengan nyanyian yang mirip orang berbicara secara berirama dengan diiringi musik elektronik. Musik rap lebih condong ke musik elektronik karena biasanya menggunakan mesin komputer dan synthesizer.  Iramanya merefleksikan kehidupan kaum  muda di seluruh dunia.
Kebanyakan musik dari tahun 1960-an termasuk folk rock menginspirasi musisi - musisi yang paling populer di tahun 1980-an. Reggae, yang mulai populer pada akhir 70-an, makin meluas di seluruh dunia dan banyak mempengaruhi warna musik dunia. Sejak revolusi elektronik dan video di tahun 1980, musik rock telah mencerminkan kemajuan revolusi teknologi di seluruh dunia. Sering, suara gitar dan dram asli digantikan oleh suara hasil olehan komputer dan synthesizer. Dalam konsernya, para musisi menggabungkan musik asli dengan program komputer dan musik latar dari synthesizer, membuat sukar membedakan musik asli dengan musik yang dihasilkan dari mesin elektronik.
Selama periode 1980-an musik rock memperluas pengaruhnya sebagai salah satu kekuatan untuk mendukung perubahan sosial melalui penyebaran minat pada kepedulian internasional dan kebangkitan idealisme sosial. Idealisme dan internasionalisme musik rock diwujudkan dalam beberapa acara yaitu antara lain Live Aid yang ditujukan untuk pengumpulan dana bagi bencana kelaparan di Afrika.

Posting Komentar untuk "PERKEMBANGAN MUSIK ROCK PADA TAHUN 1980-AN"