Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERKEMBANGAN MUSIK ROCK PADA TAHUN 1970-AN


Rolling Stone

Perkembangan music rock pada tahun 1970-an merupakan kelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai hasil dari pengaruh berkembangnya musik rock pada akhir 60-an, hampir semua musik yang populer di tahun 1970-an mempunyai dasar musik rock dan audiensnya beragam dari orang tua sampai anak - anak. Selama beberapa tahun pertama, dominasi dipegang oleh super grup seperti The Rolling Stone dan The Eagles dan oleh penyanyi solo seperti Elton John. Juga populer penyanyi dan pencipta lagu seperti James Taylor dan Carole King. Musik rock menjadi sangat menguntungkan tetapi dari segi kualitas lebih rendah dari masa sebelum The Beatles. Walaupun mencoba memperluas segmen penggemar, tetapi musik rock telah kehilangan sebagian besar jiwa pemberontaknya.

Pada pertengahan 1970-an, musik rock baru memperoleh kembali inspirasi dan energi yang hampir sama dengan awal perkembangannya. Musik rock kemudian terbagi menjadi beberapa tipe. Beragam tipe yang dikembangkan antara lain country rock, jazz rock, heavy metal, glam rock, art rock dan folk rock. Musik yang paling populer di tahun 1970-an adalah disco, yang ditujukan lebih kepada musik untuk berdansa daripada untuk didengarkan. Karena itu banyak yang menganggap musik disko adalah musik kacangan. Walaupun demikian, disko tetap disukai karena membawa semangat dan kesenangan. Musik disko kemudian meraih jumlah audiens yang besar karena musik tersebut direkam oleh artis kulit hitam dan kulit putih. Para artis kulit hitam kemudian mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang layak mereka terima.
Jenis musik rock lain yang populer pada tahun 1970-an adalah punk rock atau heavy metal. Band punk mengembalikan masa kejayaan musik rock melalui musiknya yang dipenuhi oleh kemarahan terhadap masyarakat yang materialistis. Hal ini juga sebagai perlawanan terhadap dominasi mayoritas musik rock yang umum dan aliran art rock, yang menggabungkan sedikit unsur musik klasik dan aksi panggung yang spektakuler. Heavy metal bahkan lebih keras, cepat dan kasar dari pada pendahulunya yaitu acid rock. Beberapa tokoh yang terkenal yaitu Iron Butterfly dan Led Zeppelin.
Aliran ini tidak sukses secara komersil, tetapi mempunyai pengaruh dalam membuktikan bahwa aliran baru dapat berkembang diluar industri musik rock yang utama, juga menunjukkan kepada para musisi muda bahwa mereka dapat mengekspresikan diri tanpa harus memiliki peralatan mahal ataupun latihan bertahun - tahun untuk memainkan musik. Musik heavy metal ini terbagi menjadi beberapa macam lagi seperti thrash metal dan death metal.
Led Zeppelin
Aliran death metal yang menyebarkan ketakutan  dengan aksi panggungnya yang bernuansa pemujaan setan, sedangkan glam rock lebih bernuansa teatrikal dengan kostum dan make-up lengkap yang dipopulerkan oleh grup musik Kiss serta penyanyi solo, David Bowie dan Alice Cooper. Musik reggae juga lahir pada pertengahan 1970-an sebagai hasil dari pengaruh musik folk Jamaika dan musik R&B dari Amerika. Reggae identik dengan protes tentang isu politik yang dipopulerkan oleh Bob Marley yang berasal dari Kingston, Jamaika.

Posting Komentar untuk "PERKEMBANGAN MUSIK ROCK PADA TAHUN 1970-AN"