Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI IKLAN



Fungsi Iklan sebagai teknik penyampaian pesan dalam bidang bisnis yang sifatnya non personal secara teoritik melaksanakan fungsi-fungsi seperti yang diemban oleh media massa karena pesan-pesan itu tetap mengandung fungsi informasi dan penerangan, fungsi pendidikan, fungsi menghibur, dan fungsi mempengaruhi yang digunakan sebagai salah satu kekuatan untuk mencapai tujuan jangka panjang maupun jangka pendek yang bersifat non personal.
Menurut Liliweri beberapa fungsi-fungsi periklanan diperluas dari beberapa pendapat antara lain pendapat Wright, Dunn, Busch, dan Bovee

Fungsi pemasaran
1.     Fungsi komunikasi
2.     Fungsi pendidikan
3.     Fungsi ekonomi
4.     Fungsi sosial
Penjelasan fungsi iklan menurut Liliweri yang diperluas dari beberapa pendapat dapat diuraiakan sebagai berikut yaitu:
1.         Iklan sebagai fungsi pemasaran
Fungsi pemasaran adalah fungsi untuk menjual informasi tentang barang, jasa, gagasan, melalui media dengan membayar ruang dan waktu sebagai tempat lewatnya pesan dari komunikator kepada komunikan.
Fungsi iklan dalam konteks pemasaran harus dipandang sebagai salah satu bentuk kegiatan atau aktivitas komunikasi pemasaran, padahal komunikasi pemasaran sendiri adalah salah satu fungsi pemasaran selain fungsi produk, harga, penyebaran barang dan jasa.
 Pada intinya iklan dipandang sebagai fungsi pemasaran ialah :
a.     Mengidentifikasikan produk dan menjelaskan perbedaannya dengan produk lain.
b.    Mengkomunikasikan informasi mengenai produk
c.     Menganjurkan percobaan produk baru secara bertahap dan akhirnya tetap bagi para pembeli dan para pemakainya
d.    Merangsang penyebaran dan akhirnya berakibat peningkatan penggunaan produk.
e.     Membangun rasa cinta dan dekat pada produk sehingga konsumen terus merasa terikat dalam jangka waktu lama
2.         Iklan sebagai fungsi komunikasi
Semua bentuk iklan memang mengkomunikasikan berbagai pesan melalui media dari komunikator kepada komunikan yang terdiri atas sekelompok orang yang menjadi khalayaknya.
Pada saat sekarang akibat ter                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           ati khalayaknya.
a.         Mempengaruhi khalayak untuk dekat, rasa selalu ingin membeli dan memakai produk secara tetap dalam waktu lama.

3.         Iklan sebagai fungsi pendidikan
Fungsi pendidikan sebagai fungsi komunikasi. Secara khusus sebenarnya dalam setiap efek komunikasi termasuk efek iklan, maka efek pendidikan lebih diutamakan. Hal ini disebabkan karena semua orang ingin menghindari terbentuknya suatu sikap yang negatif. Melalui fungsi pendidikan, dalam pembentukan sikap setiap orang dapat meningkatkan aspek kognisinya kemudian aspek afeksinya dan aspek psikomotor. Dalam hal iklan, yang dimaksudkan sikap positif bisa ditumbuhkan manakala seseorang mempunyai pengetahuan, pandangan tertentu dan mempunyai intensitas perasaan yang kemudian mengambil keputusan secara rasional untuk menerima atau menolak pilihan produk yang ditawarkan.
4.      Iklan sebagai fungsi ekonomi
Keuntungan segi ekonomis konsumen dengan beriklan adalah bahwa melalui iklan dapat diberitahu tempat-tempat penjualan produk terdekat dan terjauh sehingga dengan sangat mudah menentukan dimana produk akan dibeli, dengan biaya murah, hemat waktu, hemat uang, dimana konsumen memiliki keuntungan produk. Keuntungan bagi pemasang iklan, dengan melalui iklan penyewaan ruang dan waktu pada media massa biasanya lebih murah.
1.         Iklan sebagai fungsi sosial
Iklan yang mempunyai fungsi sosial membantu menggerakkan suatu perubahan standar hidup yang ditentukan oleh kebutuhan manusia di seluruh dunia. Melalui iklan dapat digerakkan bantuan keuangan, bahan-bahan makanan, kepada bangsa-bangsa Etopia, Bangladesh, korban perang teluk, menyelamatkan orang-orang cacat.
Liliweri berpendapat bahwa pada intinya fungsi iklan sama dengan fungsi yang diemban media massa antara lain:
1.     Fungsi informasi
2.     Fungsi penerangan
3.     Fungsi pendidikan
4.     Fungsi menghibur
Penjelasan dari fungsi iklan menurut Liliweri dapat diuraikan sebagai berikut:
1.         Iklan memberikan informasi
Iklan memberikan informasi produk baik barang, jasa, ide, gagasan kepada khalayak yang menjadi sasarannya. Informasi produk melalui iklan membuat khalayak mengetahui keberadaan suatu produk baru dipasaran, mengetahui keuntungan memiliki produk, mengetahui dimana produk bisa didapatkan, bagaimana cara mendapatkan produk dan mengetahui manfaat produk.
2.         Iklan memberikan penerangan
Selain memberikan informasi iklan juga memberikan penerangan mengenai produk sehingga konsumen mengetahui cara pemakaian produk dan kinerja produk.
3.         Iklan memberikan pendidikan
Unsur pendidikan dalam iklan lebih diutamakan karena ingin menghindari terbentuknya sikap negatif tetapi sebaliknya dapat terbentuk sikap positif. Dalam hal iklan, sikap positif bisa ditumbuhkan manakala seseorang mempunyai pengetahuan, pandangan tertentu dan mempunyai intensitas perasaan yang kemudian dapat mengambil keputusan secara rasional untuk menerima atau menolak pilihan produk yang ditawarkan.
4.      Iklan memberikan hiburan
Unsur menghibur pada iklan terletak pada pesan-pesan dan ilusrtasi pada iklan. Adanya unsur menghibur pada iklan adalah untuk menarik pemirsa agar melihat iklan tersebut yang selanjutnya akan timbul perubahan pada komponen afeksi yaitu perasaan senang dan suka terhadap produk tersebut.  

Posting Komentar untuk "FUNGSI IKLAN"